Saya Pengen Jadi Ibu Rumah Tangga yang 'Berduit', Boleh?

Kaget gak? hehe iya, Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk menulis setelah setahun menghilang dari peradaban millenial yang lucu ini. Saya emang jarang banget ngepost di sini, karena usut punya usut saya punya wadah nulis yang baru yang bisa ngeluarin recehan. Maapin, blog :D

Kalo diliat dari judulnya, kalian pasti udah bisa nebak saya bakalan nulis apa. Pengennya sih to the point, tapi kalo untuk seorang penulis tidak berfaedah kayak saya rasanya hambaaar aja gitu kalo gak pake basa basi.

Setahun silam, saya mengalami euphoria kelulusan Sarjana, dimana saya dengan gagahnya mendekap ijazah lalu disambut oleh sukacita orangtua yang mengetahui anaknya lulus Cumlaude. Tapi aing mah biasa aja. 
Yasudah, euphoria itu tak berlangsung lama...hingga keesokan harinya saya dihujani dengan pertanyaan, 'lo mau jadi apa?' Jadi apa weh bebas gimana aku. hehe. Yaaa, paling menyakitkan ketika kamu belum mendapatkan pekerjaan tiba-tiba banyak manusia ngehe yang terus saja bertanya 'kerja dimana'.

Setelah kelulusan itu, saya bekerja menjadi seorang Freelance Writer alias Penulis Lepas. Awalnya ya sama, seperti kebanyakn fresh graduate lainnya, sayapun melamar kesana kemari namun tak kunjung menmbuahkan hasil. Gondok. Paling perih...setelah tau ternyata temen-temen geng saya udah pada dapet kerjaan.

Daripada BT nganggur gak jelas, akhirnya saya memutuskan untuk menjadi seorang penulis lepas di salah satu platform berita lokal, kebetulan pada saat itu mereka sedang mencari penulis lepas.

Ternyata untuk menjadi penulis lepas pun tidak mudah. Banyak sekali rintangan dan virus penyakit hatinya. Awal saya bergabung, saya benar-benar tidak digaji sepeserpun karena inilah, itulah..pokoknya banyak syarat yang belum terpenuhi. Hal tersebut berlangsung selama 3 bulan. Capek hati gak sih bo?

Gak nyerah sampe disana, akhirnya usaha saya menunjukan progres yang baik. SAYA DAPET GAJI. Alhamdulillah Allah kasih saya rezeki. Dan tau? duitnya pake dollar. Semangat ini semakin membara, guys!
Karena hal tersebutlah..akhirnya saya terjebak di zona nyaman. Saya udah gak lagi kepikiran harus ngelamar kemanalah atau apalah. Allah bener-bener tau yang terbaik buat saya. Allah tau saya mageran dan inilah kerjaan yang enak buat saya.

Seiring berjalannya waktu, zona nyaman ini membuat saya berpikir. Suatu hari saya akan menikah. Saya punya tanggung jawab lebih, tidak hanya diri sendiri tapi suami, anak-anak, dan dapur rumah. Akankah pekerjaan ini 'baik' untuk saya kedepannya, mengingat financial realities nowadays yang sangat mengerikan? Atau malah sebaliknya, haruskah menjadi full time mom saja? Mengurus anak dan suami dengan penuh cinta dan kasih? Tsahhh....
Dilema gak lo?

Setelah semedi berhari-hari akhirnya saya memtuskan....
Saya ingin jadi ibu mama tangga berduit. So classic. haha..
Saya rasa banyak juga yang kepengen ngambil jalan 'seperti ini', tapi buatku penting banget untuk diceritain karena satu dan dua hal.
Umumnya temen-temen saya setelah lulus kuliah bercita-cita kepengen jadi wanita karir. Sama sekali gak ada salahnya, toh mereka pun yakin dengan keputusannya masing-masing. Begitu juga aku.

Tidak ada salahnya menjadi seorang ibu rumah tangga, pekerjaan mulia yang gak semua ibu bisa menjalankannya. Beneran. Orang bilang jadi rumah tangga itu 2x lipat lebih capek daripada jadi wanita karir. Terus, apa aku udah yakin dengan keputusan ini? Aku jawab, iya. Aku hanya ingin menghabiskan hidupku untuk keluargaku apalagi jika aku sudah berumah tangga nanti. Aku sangat tidak mau kalo nantinya anakku diurus sama pengasuh. Aslina.

Buat apa atuh kuliah capek-capek kalo ujung-ujungnya jadi ibu rumah tangga? Itulah alasan kenapa kuingin jadi ibu rumah tangga 'berduit'. Let me clear it.
Selain menjadi ibu rumah tangga, aku juga pengen bisa ngasilin duit. Bukan berarti gak bersyukur sama penghasilan suami (nanti). Keinginanku untuk menghasilkan uang cuman bentuk aktualiasi diri aja alias berkarir di rumah. Iya, dong..aku juga pengen jadi manusia yang bermanfaat gak hanya di keluarga saja, tapi untuk orang banyak. Caranya? aku ingin jadi penulis. Istilah millenialnya Momwriter.

Sekarang banyak juga loh orang yang ambil profesi sebagai Momwriter. Jee Luvina, Retno Hening, dll yang gak bisa disebutin satu-satu karena emang gak hapal siapa aja.  Saya bukan ikut-ikutan pengen jadi Momwriter, tapi emang nulis udah jadi passion saya dari SD, meskipun sampai sekarang tulisanku kayak no progress gitu alias masih receh. hehe gapapa teuh kan diajar yaaa namanya juga.

Jadi, you got the point, kan?
Apapun pilihanmu, semoga itu yang terbaik.





Komentar

Postingan Populer